Bappenas Ungkap Potensi Penggunaan Kendaraan Bertenaga Hidrogen di IKN, Sudah Masuk dalam Master Plan

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam https://www.belcindo.com/ Kementerian PPN/Bappenas Vivi Yulaswati mengungkap potensi pemakaian kekuatan hidrogen untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal ini ia sampaikan disaat menghadiri peresmian Hydrogen Refueling Station atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Hidrogen di Senayan, Jakarta Selatan pada Rabu, 21 Februari 2024.

Vivi menyebut, rencana selanjutnya telah jadi anggota dari lapisan master plan. “Tentunya demand berikutnya adalah IKN, di mana kita telah masukkan di dalam master plan. Paling tidak 20 % untuk sumber kekuatan di sana,” ucapnya.

Pilot project SPBU Hidrogen ini, kata Vivi merupakan milestone bersejarah untuk meraih Indonesia Emas 2045. Bukan hanya menuju Indonesia maju, namun termasuk Indonesia yang bersih dan implementasi prinsip berkelanjutan.

Akan tetapi, tetap banyak pekerjaan tempat tinggal (PR) yang menanti. Banyak aspek yang perlu ditimbang, layaknya ekosistem dan permohonan atau demand. “Tentunya ke depan tetap banyak PR-nya, melengkapi ekosistem sekaligus demand-nya.”

PT PLN miliki keseluruhan 22 unit pembangkit yang bisa mengolah hingga 203 ton hidrogen per tahun. Sebanyak 75 ton di antaranya digunakan untuk keperluan pendinginan generator. Sementara sisanya yang meraih 128 ton bisa digunakan untuk pengisian kekuatan kendaraan bertenaga hidrogen.

Vivi mengatakan, selagi ini sektor transportasi jadi penyumbang emisi terbesar kedua. “Tentunya kita dorong hingga ke bus dan termasuk kapal nantinya, karena kelebihan dari hidrogen ini adalah long distance transportasi,” tuturnya.