Bjork Pajang Peta Palestina yang Mengecil dan Sindir Israel: Ini yang Kalian Sebut Berbagi?

Bjork Pajang Peta Palestina yang Mengecil dan Sindir Israel: Ini yang Kalian Sebut Berbagi?

Bjork turut bersuara soal gempuran Israel ke Gaza, Palestina, sebagai balasan atas serangan Hamas yang berlangsung 7 Oktober 2023. Sabtu (4/11/2023), ia membagikan sebuah foto sekaligus caption yang irit kata-kata. Namun lewat unggahan ini, menyadari keluar arah keberpihakan penyanyi asal Islandia ini.

Dalam unggahan Instagram tersebut, penyanyi 57 th. tersebut membagikan foto peta Palestina yang konsisten berubah. Awalnya pada 1946, negara Timur Tengah ini diperlihatkan memiliki bentang lokasi yang luas.

Setelah th. 1947 luas wilayahnya makin mengecil, tergerus bersama dengan Israel yang Slot777 konsisten meluas. Di caption ia menulis kata-kata singkat yang menohok, sindiran atas tindakan Israel selama lebih berasal dari tujuh dekade.

“Is this what you call sharing? (Apa ini yang kalian sebut berbagi?),” tulisnya di anggota caption. Warganet segera meramaikan kolom komentar unggahan pelantun “Army of Me” ini.

Artis Hollywood Dorong Gencatan Senjata

Selain Bjork, banyak artis dunia angkat suara atas serangan Israel yang tak berkesudahan. Akhir Oktober lalu, ratusan public figure dan artis Hollywood menandatangi pernyataan bersama dengan mendorong Presiden AS, Joe Biden, untuk menolong gencatan senjata.

Pernyataan sikap lengkap para artis ini dimuat di website artists4ceasefire.org. Beberapa artis yang di tandatangani pada lain adalah Andrew Garfield, Bella Hadid, Ben Affleck, Bradley Cooper, Cate Blanchett, Dua Lipa, Florence Pugh, Gigi Hadid, Jenna Ortega, Jennifer Lopez, Joaquin Phoenix, Kristen Stewart, Mark Ruffalo, dan tetap banyak lagi.

Pernyataan Angelina Jolie

Mantan Duta UNHCR—lembaga PBB yang fokus pada persoalan pengungsi— Angelina Jolie terhitung bersuara keras dikarenakan langkah gencatan senjata tak terhitung diambil. Ia menyoroti isolasi yang dilakukan pada Gaza, hingga warga sipil tak bisa keluar berasal dari lokasi konflik, sekaligus mendapat bantuan.

“Ini adalah pengeboman yang disengaja pada populasi yang terperangkap dan tak memiliki tempat melarikan diri. Gaza kini menjadi penjara terbuka selama hampir dua dekade, dan bersama dengan cepat menjadi kuburan massal,” tuturnya dalam unggahan Instagram baru-baru ini. Dengan tegas, Angelina Jolie apalagi menuding para pemimpin dunia turut bertanggung jawab atas kejahatan ini.

Artis Pendukung Gerakan Free Palestine

Ada pula sejumlah artis dunia yang bersama dengan blak-blakan mengutarakan bantuan atas gerakan Free Palestine. Salah satunya, adalah rapper Macklemore.

“Aku membela seluruh manusia. Aku membela kedamaian. Aku membela cinta. Aku membela kebebasan. Karena itu, saya membela Kemerdekaan Palestina dan akhir berasal dari genosida warganya,” tulis sang rapper dalam unggahannya pada akhir Oktober lalu.