Cara Memulai Bisnis Sayuran, Pilih Supplier Hingga Promosi

Cara Memulai Bisnis Sayuran, Pilih Supplier Hingga Promosi
Cara Memulai Bisnis Sayuran, Pilih Supplier Hingga Promosi

Bahan makanan adalah produk yang akan selalu dicari dan dibutuhkan oleh konsumen. Salah satu bahan makanan yang berpeluang besar untuk dijadikan usaha adalah bisnis sayuran.

Sayuran merupakan salah satu kebutuhan pokok yang diperlukan tidak hanya dari untuk keperluan rumah tangga namun juga untuk pedagang makanan. Pesanan bisa saja datang dari warung makan hingga restoran besar dan hotel.

Tips sukses bisnis sayuran:

  1. Pilih sayuran segar

Hal pertama yang harus Juragan perhatikan saat akan membeli sayuran adalah memilih sayuran yang masih segar dan baik. Gunanya adalah untuk memperpanjang umur sayuran mulai dari Juragan membeli hingga sampai di tangan konsumen.

Jangan sampai konsumen merasa tidak puas atau menghindari bisnis sayuran Juragan karena kondisi sayuran yang tidak segar dan tidak dalam kondisi baik. Pastikan Juragan hanya menjual sayuran yang segar dan berkualitas

  1. Kemas dan tata sayuran dengan benar dan rapi

Penataan dan pengemasan sayuran dengan rapi pastinya akan memanjakan mata dan membuat konsumen tertarik untuk membeli. Sayuran kecil seperti jamur, cabe, bawang, dan lainnya bisa Juragan tata dengan rapi atau dikemas dengan menarik seperti di supermarket. Sayuran lainnya bisa Juragan kelompokkan dan tata rapi agar tidak saling menumpuk.

  1. Pastikan lapak bersih dan rapi

Tidak hanya sayuran yang tertata rapi, tempat usaha juga harus dijaga ya Gan. Pastikan untuk selalu membersihkan sayuran yang jatuh dan air yang menetes dari sayuran yang bisa membuat tempat usaha menjadi bau.

Tempat usaha yang bersih serta produk jualan yang tertata rapi pastinya akan membuat pelanggan menjadi betah berbelanja bukan?

  1. Tawarkan harga kompetitif

Memasang harga memang sedikit rumit karena Juragan tentu tidak bisa memberi harga yang terlalu murah yang membuat rugi atau terlalu mahal sehingga pelanggan lari.

Juragan bisa melakukan riset harga jual di pasaran, kondisi tempat apakah banyak saingan di sekitar tempat usaha Juragan, dan harga beli sayuran kulakan. Pastikan harga sesuai dengan kualitas sayuran yang Juragan jual.

  1. Berikan pelayanan terbaik

Pernah bertemu penjual yang tidak ramah dan judes?

Pasti Juragan memilih untuk berbelanja di tempat lain dengan penjual yang lebih ramah. Nah, jangan sampai setelah Juragan mengikuti saran di atas, Juragan malah memberikan pelayanan yang tidak baik terhadap pelanggan.

Senyuman dan keramahan penjual adalah salah satu hal yang membuat pembeli merasa nyaman berbelanja. Bisa saja pelanggan yang puas merekomendasikan tempat Juragan berjualan ke teman-temannya. Jadi makin cuan bukan?

Nah, setelah tau tipsnya sekarang Juragan harus fokus pada strategi dalam menjalankan bisnis sayuran. Agar bisnis berjalan dengan baik, Juragan tentu harus memiliki strategi dalam menghadapi setiap kondisi.