Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak
Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak

Salah satu benda yang pasti selalu kamu bawa kemanapun dan tidak dilupakan sekarang ini pasti power bank. Sekarang ini, power bank sama pentingnya dengan smartphone mu, bahkan menjadi pelengkap smartphone mu. Menyadari betapa pentingnya power bank ini bagi seluruh semua orang, banyak vendor menyediakan power bank dengan berbagai pilihan merek dan kapasitas, dan dengan harga yang berbeda-beda.

Nah, setelah kamu mahal-mahal membeli power bank dengan kapasitas besar yang sangat penting ini, pastinya kamu tidak mau power bank mu cepat rusak kan? Yuk, ketahui beberapa cara merawat power bank yang benar agar selalu awet berikut:

Jangan Terlalu Sering Diisi Ulang

Sebagai penampung daya cadangan untuk mengisi ulang baterai smartphone di kala darurat, power bank harus diisi ulang agar bisa digunakan. Sama seperti baterai smartphone, power bank juga menggunakan jenis baterai yang bisa diisi ulang, yakni Li-Ion (Lithium-Ion) atau Li-Po (Lithium-Polimer) yang bisa kamu lihat di permukaan power bank. Kedua jenis baterai ini memiliki siklus daya tahan yang berbeda. Hindari kebiasaan membiarkan power bank kamu sampai benar-benar kehabisan daya. Selain akan membuat kamu kesulitan saat sedang membutuhkannya, hal itu juga akan membuat proses isi ulang lebih lama karena membuat baterai power bank kamu cepat aus atau melemah.

Hindari Tempat Panas

Saat kamu sedang digunakan atau saat sedang diisi ulang, lebih baik hindari tempat panas untuk menyimpannya. Kenapa? Karena permukaan power bank sendiri akan mengeluarkan panas saat sedang digunakan. Jika disimpan di tempat panas juga, akan membuat tidak adanya sirkulasi udara yang membuat power bank jadi menyimpan panas berlebih. Dampaknya permukaan power bank jadi cepat kusam.

Jangan Biarkan Power Bank Over Charging

Ini dia hal yang paling sering dilakukan semua orang sama gadgetnya. Mau itu smartphone, power bank atau laptop, pasti sering dibiarkan over charging. Padahal untuk perangkat yang tidak memiliki sertifikat over charging protection, hal ini akan membuat baterainya cepat rusak. Selalu perhatikan LED indikator yang ditampilkan ya. Jika kamu suka charge power bank saat ditinggal tidur, sebaiknya beli adapter listrik yang dilengkapi timer untuk menghindari over charging.

Hindari Menggunakan Smartphone Saat Sedang Diisi Dengan Power Bank

Kamu lebih pilih smartphone awet, atau power bank yang awet? Jika ingin dua-duanya awet, hindari menggunakan smartphone saat sedang di-charge dengan power bank. Karena jika kamu menggunakan smartphone saat sedang diisi ulang dengan power bank, hal itu akan membuat arus listrik yang dikeluarkan jadi tidak stabil. Selain bahaya untuk smartphone, hal ini juga membuat baterai power bank mu jadi cepat bocor.