Cara Mudah Pasang Set Top Box TV Digital

Cara Mudah Pasang Set Top Box TV Digital
Ilustrasi penayangan siaran televisi. Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak warga Indonesia untuk beralih ke siaran TV Digital. Peralihan lebih awal membawa banyak manfaat, salah satunya langsung mendapatkan siaran berkualitas yang bersih, jernih dan canggih daripada siaran TV Analog.

TV analog akan dipadamkan secara bertahap oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pemerintah berencana akan menyelesaikan peralihan siaran TV jaringan analog menjadi digital di Indonesia di akhir tahun 2022.

Namun kamu tak perlu khawatir, karena TV analog bisa dimanfaatkan menjadi TV digital dengan menggunakan Set Top Box (STB). Oleh karena itu, Kominfo mengimbau kepada masyarakat agar segera menyediakan perangkat set top box terutama yang memiliki TV analog untuk bisa menikmati siaran TV digital.

Perlu diketahui, siaran TV digital bukanlah streaming internet serta bukan pula televisi berlangganan yang menggunakan satelit atau kabel. Tidak perlu mengganti antena, tetap dengan antena UHF untuk menangkap siarannya. Siarannya gratis untuk diterima, tidak perlu kuota internet atau biaya langganan.

Set Top Box bisa dibeli di pasaran dan mudah untuk dipasang sendiri di rumah. Pastikan kamu memilih Set Top Box yang bersertifikasi Kominfo agar fungsinya dapat berjalan dengan optimal. Di bawah ini adalah tutorial cara mudah pasang set top box TV digital.

Cara Pasang Set Top Box TV Digital

Set Top Box (STB) adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. Set top box sudah mendukung digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2), standar TV digital di Indonesia.

Set top box idak memerlukan parabola khusus dalam menerima sinyal digital, cukup menggunakan antena televisi UHF-VHF. Keunggulan menggunakan set top box ini, TV akan memiliki gambar yang lebih bersih, suara jernih, program yang banyak, dan tentunya lebih canggih. Berikut cara pasang set top box:

  1. Siapkan dan Pasang Antena TV
    Pertama-tama, kamu perlu mempersiapkan antena TV untuk menangkap siaran TV analog, baik yang berada di luar atau di dalam rumah. Kemudian pasang antena TV tersebut.
  2. Perhatikan Kabel Panel dan Port Set Top Box
    Perhatikan kabel panel dan port pada set top box dan panel yang terdapat di bagian belakang TV.
  3. Hubungkan Set Top Box ke TV
    Setelah itu, silakan pasang set top box ke TV menggunakan kabel audio video (AV) ataupun kabel HDMI yang sesuai dengan merek TV.
  4. Nyalakan Set Top Box dan TV
    Jika sudah, lalu nyalakan set top box dan TV. Lalu, operasikan TV menggunakan remote yang tersedia.
  5. Selesai
    Kini, kamu dapat memilih siaran TV dan radio digital yang ingin ditonton pada TV analog. Jika masih bingung, maka kamu dapat melihat buku panduan yang didapatkan dari pembelian set top box. Penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) ini akan berlangsung dalam tiga tahap pemadaman menurut wilayah. Tahap pertama 30 April 2022, tahap kedua 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga 2 November 2022. Untuk informasi daerah mana saja yang terjadwal padam pada tahap pertama, kamu bisa membacanya di situs resmi Kominfo tentang Siaran Pers Kominfo.