Fitur Terbaru iOS 16, iPhone Apa Saja yang Bisa Update?

Fitur Terbaru iOS 16, iPhone Apa Saja yang Bisa Update?
Fitur Terbaru iOS 16, iPhone Apa Saja yang Bisa Update?

iPhone sebagai salah satu lini smartphone buatan Apple merupakan salah satu jenis smartphone paling banyak digunakan di dunia. Sampai saat ini, diperkirakan terdapat 1,2 miliar pengguna iPhone dari seluruh dunia. iPhone dan sistem operasinya, iOS, pertama kali diluncurkan pada tahun 2007.

Apple secara konsisten merilis produk terbaru iPhone setiap tahunnya. iOS versi terbaru juga kerap diluncurkan untuk menyesuaikan keinginan pasar dan teknologi yang selalu berkembang pesat. Kali ini, Apple merilis update terbaru untuk sistem operasi iPhone, yaitu iOS versi 16.

iOS 16 baru saja dirilis secara resmi di Indonesia pada 13 September 2022 lalu. Berbagai fitur baru serta pembaharuan sistem dan aplikasi menjadi perhatian banyak pengguna iPhone. Pembaharuan ini dibuat demi meningkatkan kenyamanan serta kemudahan pengguna saat memakai iPhone.

Untuk Kamu yang juga pengguna iPhone, kamu pastinya menantikan update terbaru dari iOS 16 ini. Yuk simak daftar fitur terbaru di iOS 16 serta jenis iPhone apa saja yang bisa update ke iOS 16!

Daftar Fitur Terbaru iOS 16

Di update terbaru iOS 16, Kamu akan menemukan banyak fitur personalisasi baru, teknologi AI Apple yang semakin canggih, serta lebih banyak kemudahan dalam berkomunikasi. Adapun fitur-fitur terbaru iOS 16 adalah sebagai berikut:

Membatalkan, Mengedit, dan Unread Pesan di iMessage

Kamu tidak sengaja menulis typo di pesan yang sudah dikirim atau tidak sengaja mengirim pesan yang belum selesai? iOS 16 kini menghadirkan fitur baru di iMessage, yaitu untuk membatalkan dan mengedit pesan yang sudah dikirimkan di iMessage.

Untuk pesan yang sudah diedit, akan muncul tanda “Edit” kecil di bawah pesan tersebut. Fitur membatalkan pesan (undo) dapat membantu kamu menarik pesan yang sudah terkirim.

Membuat Customized Lock Screen dan Home Screen

Untuk Kamu yang suka berkreasi dengan tampilan iPhonenya, Apple kini merilis fitur lock screen yang bisa dipersonalisasi sesuai keinginan kamu. Untuk pertama kalinya, iPhone juga bisa menggunakan widget seperti jam, kalender, notes, dan sebagainya di home screen.

Uniknya lagi, kamu juga bisa membuat lebih dari satu lock screen dengan hiasan widget dan wallpaper yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan kamu. Wallpaper di lock screen juga bisa menyesuaikan dengan widget yang ditampilkan. Seperti misalnya dengan widget jam, tampilan wallpaper dipastikan tidak akan menutupi jam tersebut.

Fitur Tab baru di Safari: Share Tab dan Pin Tab

Fitur terbaru lainnya dari iOS 16 berada di aplikasi Safari, yaitu share tab dan pin tab. Untuk kamu yang bekerja dalam lebih dari 1 perangkat iPhone, atau bekerja sama dalam proyek dengan banyak orang, fitur share tab dapat digunakan untuk berbagai tab group yang sedang dibuka.

Tidak hanya itu, fitur pin tab juga bermanfaat untuk Kamu yang memiliki tab berantakan di Safari. Dengan klik panjang di salah satu tab, kemudian memilih opsi “Pin” atau “Sematkan”, kamu akan menemukan tab yang sudah di-pin di bagian teratas Safari.