HP Lipat Terbaru 2022, Klasik namun Futuristik

HP Lipat Terbaru 2022, Klasik namun Futuristik
HP Lipat Terbaru 2022, Klasik namun Futuristik

Teknologi smartphone kian hari makin berkembang pesat. Para produsen kini mengakomodasi para pengguna dalam menyediakan layar yang lebih besar. Handphone lipat menjadi jawaban yang paling tepat untuk solusi ponsel praktis yang memiliki layar lebar.

Diawali oleh Samsung yang rilis Galaxy Fold pada 2019 dengan harga selangit, kini banyak pabrikan lain membuat HP lipat yang unik sekaligus canggih. Tak perlu khawatir dalam sistem operasi, Android menyediakan dukungan kontinuitas layar bawaan, sehingga mendukung kompatibilitas.

Meski awalnya dibanderol dengan harga jauh di atas flagship, kini foldable phone semakin dipangkas harganya agar lebih ramah kantong. Sehingga peminatnya pun semakin banyak.

Daftar HP Lipat Terbaru dan Terbaik 2022

Telepon genggam berdesain lipat memang belum menjangkau pasar menengah ke bawah, karena teknologi yang ditawarkan lebih canggih. Namun, tentu pengalaman penggunaannya sebanding dengan budget yang dikeluarkan. Meski begitu, kini telah tersedia produk yang harganya belasan juta.

Rata-rata deretan handphone lipat Android ini juga sudah mendukung konektivitas 5G, lho. Simak rekomendasinya berikut ini:

Samsung Galaxy Z Flip 4

Setelah sukses merilis pendahulunya, yaitu Samsung Galaxy Z Flip 3, kini generasi keempat Samsung Galaxy Z Flip memiliki sejumlah peningkatan.

Meskipun secara sekilas terlihat mirip dengan Z Flip 3, tapi Z Flip 4 sudah mendapatkan beberapa update terbaru yang menarik dari segi spesifikasi, layar, kamera, hingga baterai.

Menariknya, harga Galaxy Z Flip 4 di Indonesia lebih murah dibanding pendahulunya. Selain itu, terdapat beberapa peningkatan spesifikasi yang ditawarkan Samsung pada Galaxy Z Flip 4.

Samsung Z Fold 4

Samsung Z Fold 4 sekilas sama dengan pendahulunya, Galaxy Z Fold 3. Meski demikian, ponsel lipat ini dibekali panel layar Dynamic AMOLED 2x 7,6 inci dengan resolusi 2.176 x 1.812 piksel yang lebih lebar sekitar 3 mm dibanding pendahulunya.

Layar ponsel ini juga didukung refresh rate 120 Hz. Layar luarnya berukuran 6,2 inci, lebih lebar 2,7 ketimbang pendahulunya.

Kendati tampilannya lebih luas, dimensi layar Galaxy Z Fold 4 sama persis dengan Z Fold 3.

Xiaomi Fold 2

Ponsel lipat seri Mix baru Xiaomi memiliki pengaturan tiga kamera di bagian belakang. Ini memiliki branding Leica di kanan atas, yang berarti bahwa penyetelan warna kamera telah dilakukan bekerja sama dengan produsen kamera legendaris.

Perangkat ini menampilkan layar lipat ECO OLED 8,02 inci dengan resolusi 2K dan kecepatan refresh 120Hz, serta kecerahan puncak 1300 nits.

Handphone Mix Fold 2 diklaim sedikit lebih ringan dari Galaxy Z Fold 4 pada 262 gram. Perangkat lipat premium milik Xiaomi ini mengemas baterai 4500 mAh yang lebih besar dengan dukungan pengisian cepat 67W.