Kisah Singkat Sejarah Masa Penjajahan Belanda di Indonesia

Sejarah era penjajahan Belanda di Indonesia menaruh banyak pelajaran penting yang bisa dipetik.
Dikutip dari buku Sejarah oleh Nana Supriatna, penjelajah Belanda mengarungi lautan hingga ribuan kilometer dan berhasil mendapatkan Kepulauan Nusantara. Hingga terhadap th. 1596, 4 kapal dagang Belanda memasuki Pelabuhan Banten.


Belanda menjajah Indonesia sepanjang 350 tahun. Tentunya di masa-masa tersebut berlangsung banyak kisah yang menaruh pelajaran berharga.

Kisah Singkat Sejarah Masa Penjajahan Belanda di Indonesia

Belanda pertama kali menginjakkan kaki di tanah Nusantara terhadap abad ke 16. Namun era penjajahan Belanda tidak dimulai saat itu.
Proses pejajahan dilaksanakan berbentuk sistem ekspansi politik bersama dengan lambat, bertahap, dan berlangsung hingga beberapa abad.
Pada abad 18, Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) mengklaim diri sebagai kebolehan politik dan ekonomi di Pulau Jawa sesudah Kesultanan Mataram runtuh.

Tapi sebab manajemen yang buruk dan juga beradu ketat bersama dengan Inggris, VOC runtuh menjelang akhir abad 18. Hingga terhadap 1796, VOC bangkrut dan dinasionalisasi Belanda.
Pemerintahan Kolonial Belanda
Ada dua tokoh yang dikenal sebagai arsitek pemerintah Belanda di Indonesia, yaitu Herman Willem Daendels dan Letnan Inggris Stamford Raffles. Daendels mengatur pemerintahan pusat hingga daerah bersama dengan cara membagi Pulau Jawa ke beragam distrik di bawah pimpinan pegawai negeri sipil Eropa.
Sedangkan, Raffles yang menjabat sesudah Daendels melanjutkan reorganisasi sang pendahulu. Ia mereformasi polisi, sistem administrasi, hingga pengadilan di Jawa. Raffles terhitung mengenalkan pajak tanah dimana petani Jawa mesti membayar pajak kira-kira 2/5 dari panen tahunan.
Sistem pemerintahan Belanda di Jawa merupakan sistem yang langsung maupun dualistik. Selain hierarki Belanda, hierarki terhitung berlaku di saat yang serupa untuk jadi perantara antara petani Jawa dan fasilitas sipil Eropa.
Struktur atas hierarki pribumi terdiri dari aristokrasi Jawa,yang sebelumya merupakan pejabat pengelola kerajaan Mataram. Namun, kekuasaan penjajah memicu priyayi tersebut bersama dengan terpaksa menuruti keinginan Belanda.
Itulah pembahasan singkat tentang kisah singkat era penjajahan Belanda di Indonesia.