Menpora Sambut Positif Gelaran Aquabike World Championship di Danau Toba

Menpora Sambut Positif Gelaran Aquabike World Championship di Danau Toba

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyongsong positif penyelenggaraan Aquabike World Championship di Danau Toba pada 22-26 November 2023.

Ajang ini menandai kali pertama Aquabike World Championship diadakan di danau vulkanik terbesar dunia bersama menggandeng 4 kabupaten di Danau Toba. Ajang ini juga menghadirkan 128 atlet berasal dari berbagai negara.

Menpora yang ditunjuk jadi ketua penyelenggaraan ajang pun optimistis Aquabike World Championship 2023 dapat mendulang animo tinggi berasal dari masyarakat. Perhelatan ini juga diharapkan dapat mendongkrak citra Danau Toba di kancah pariwisata mancanegara.

“Kami dapat menyelenggarakan untuk pertama kalinya Kejuaraan Dunia Aquabike Jetski di Danau Toba yang melibatkan 4 kabupaten,” ujar Dito pas ditemui di dalam acara konferensi pers peluncuran Aquabike World Championship 2023 di Gedung Kemenko Marves, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

“Kita ketahui olahraga jetski Indonesia tetap memperoleh predikat juara di kejuaraan, lebih-lebih sempat (ada yang menjadi) juara dunia. Dan kehadiran (kompetisi di) Danau Toba ini dapat menimbulkan wisata mancanegara.”

“Saya yakin, memandang berasal dari F1 Power Boat yang diadakan sebelumnya, masyarakat yang mulanya tak familiar tapi karena penyelenggaraan terjadi, antusiasmenya tinggi. Jadi saya rasa potensi ini perlu diraup,” sambung menteri berusia 33 tahun itu.

Gandeng Publik Figur Olahraga

Untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Aquabike World Championship 2023, Menpora Dito Ariotedjo juga merencanakan menggandeng publik figur olahraga yang berasal dari Sumatra Utara.

Langkah ini diharapkan dapat mendukung mempromosikan gelaran perdana Aquabike World Championship di Danau Toba bersama lebih luas guna menjaring sebanyak-banyaknya antusiasme masyarakat.

“Kita dapat cari partner sportstaiment lebih-lebih yang berasal berasal dari Sumut, seperti Mas Valentino Jebret untuk bantu promosi,” ujar Dito Ariotedjo kepada awak media.

“Harapan kita berasal dari Kemenpora, semoga tahun depan kita, Indonesia , udah punya tim sendiri yang ikut bertanding di Aquabike series karena saya memandang (kesepakatan kompetisi) hingga 2027 jadi kesempatan sangat besar, dapat sangat bagus terkecuali tersedia wakil Merah Putih,” tambahnya.

Perebutkan 4 Cup dan 2 Championship

Sekadar informasi, Aquabike World Championsip 2023 di Dana Toba nantinya dapat memperebutkan 4 cup dan 2 championship sepanjang 5 hari pelaksanaan kompetisi.

Perhelatan ini diagendakan menyita lokasi di empat kabupaten Danau Toba, jadi berasal dari Kabupaten Karo, Dairi, Samosir, hingga beranjak ke Balige.

“Untuk cermat acaranya sendiri, kita dapat tersedia 5 hari bersama 5 kategori: tersedia roundabout, ski GP, freestyle, parallel slalom, endurance, dan juga tersedia special ski ladies, dan evening slalom,” papar Maya Watono selaku Direktur Marketing plus Consumer Experience InJourney.

“Terkait lokasi acara, ini sebetulnya luar biasa, berasal dari utara ke selatan, jadi berasal dari Karo Cup, Dairi Cup, Samosir Cup, dan Balige Cup. Jadi dapat tersedia 4 cup yang diperebutkan dan 2 championship: endurance dan circuit championship di 4 tempat sepanjang 5 hari,” katanya lagi.