Mesir: Makam Kerajaan Kuno Digali di Luxor

Mesir: Makam Kerajaan Kuno Digali di Luxor
Mesir: Makam Kerajaan Kuno Digali di Luxor

Para arkeolog menggali sebuah makam kuno di kota Luxor, Mesir selatan. Pihak berwenang mengatakan pada Sabtu (14/1/2023), area ini terkenal dengan harta karunnya yang berasal dari firaun.

Sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Purbakala Mesir Mostafa Waziri mengatakan, misi Mesir-Inggris yang berhasil menemukan makam kerajaan di sebuah situs kuno di tepi barat Sungai Nil di Luxor. Area ini berada di 650 kilometer selatan ibu kota Kairo.

Waziri menjelaskan, pemeriksaan Mesir awal menunjukkan bahwa makam tersebut tampaknya milik Dinasti ke-18 Firaun Mesir. Periode kepemimpinan ini berlangsung dari tahun 1550 Sebelum Masehi (SM) sampai 1292 SM.

Makam itu adalah yang terbaru dari serangkaian penemuan kuno yang disebut-sebut Mesir dalam beberapa tahun terakhir. Penemuan-penemuan tersebut diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan mengunjungi negara itu.

Mesir telah berusaha menghidupkan kembali sektor pariwisatanya yang merupakan sumber utama devisanya. Sektor ini sangat bergantung pada harta karun kuno negara tersebut.