Penyebab HP Panas, Cara Atasinya, Dingin Seketika

Penyebab HP Panas, Cara Atasinya, Dingin Seketika
Penyebab HP Panas, Cara Atasinya, Dingin Seketika

Bermain handphone (HP) di segala kondisi memanglah mengasyikkan. Kamu bisa menggunakannya di berbagai kondisi, kapan saja dan di mana saja karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Namun, Kamu perlu berhati-hati saat suhu ponsel panas.

Smartphone yang panas memicu berbagai macam kerugian yang dapat merusaknya. Biasanya hal ini terjadi karena kinerja perangkat berjalan berlebihan dan baterai mengalami masalah.

Ada berbagai macam penyebab ponsel pintar yang perlu kamu ketahui agar suhu tetap terjaga dan awet. Cara mengatasinya pun cukup mudah.

Penyebab HP Sering Panas

HP yang memiliki suhu panas sama sekali tidak nyaman untuk digenggam oleh para penggunanya. Tak hanya itu, panasnya gadget juga dapat berujung pada baterai rusak hingga perangkat mati.

Untuk menghindarinya, ada beberapa penyebab HP panas yang perlu kamu perhatikan, yakni sebagai berikut:

  1. Terlalu Lama Bermain Game
    Bermain game merupakan suatu kegiatan mengasyikan saat mengisi waktu luang. Namun, tahukah kamu? Bermain game terlalu lama dapat membuat handphone cepat panas. Hal ini disebabkan oleh kinerja GPU yang bekerja sangat keras.

Untuk game yang memiliki intensitas cukup tinggi, pemrosesan pusat dan grafis handphone akan membuatnya menjadi cepat panas. Cukup gunakan handphone secukupnya lalu istirahatkan sejenak agar panas bisa berkurang. Kamu juga bisa menggunakan kipas untuk membuatnya dingin.

  1. Menonton Video Streaming Terlalu Lama
    Ketika streaming video secara online, handphone akan terus menangkap sinyal agar video bisa berjalan dengan lancar. Aktivitas ini juga membutuhkan koneksi internet yang cepat dan daya baterai yang banyak.

Kamu perlu mengingat berapa lama saat menonton serial Netflix atau menonton video streaming di Nimo TV karena hal itulah yang membuat HP panas dan baterai terkuras.

  1. Keadaan Lingkungan yang Panas
    Sinar matahari yang berlebihan dapat membuat handphone kamu panas Kamu. Selain itu, berada di ruangan yang cukup panas juga akan membuat perangkat panas. Hindari menyimpan atau menggunakan perangkat di tempat yang panas untuk menghindari kerusakan baterai.
  2. Kinerja Prosesor
    Kinerja prosesor yang tinggi tentunya memicu handphone menjadi cepat panas. Saat bermain game atau menonton video streaming prosesor akan bekerja lebih cepat dari biasanya.

Refresh rate yang tinggi tentunya akan membuat handphone berjalan secara mulus namun hal ini juga akan memicu HP panas dan baterai yang boros. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena biasanya HP dengan prosesor masa kini sudah dilengkapi fitur fast charging dan pendingin baterai.

  1. Baterai Mengalami Masalah
    Baterai yang sudah cukup lama dipakai, kualitasnya akan menurun. Hal ini memicu baterai cepat panas ataupun habis. Jika baterai smartphone sering panas apalagi dalam kadar waktu yang lama, sebaiknya ganti baterai yang baru agar HP tidak gampang panas.