Anak sulung Raja Thailand Maha Vajiralongkorn masuk rumah sakit karena masalah jantung. Kerajaan Thailand mengatakan kondisi Putri Bajrakitiyabha masih stabil.

Kerajaan Thailand mengatakan putri berusia 44 tahun itu sakit setelah pingsan di Provinsi Nakhon Ratchasima. Ia sempat dirawat di rumah sakit setempat.

Kemudian ia diterbangkan ke Bangkok dengan helikopter saat kondisinya mulai stabil. Bajrakitiyabha anak pertama dari tiga anak Raja Vajiralongkorn yang memiliki gelar resmi.

Berdasarkan Hukum Suksesi Kerajaan 1926 dan konstitusi Thailand ia dapat memiliki hak untuk mendapatkan tahta. Raja Vajiralongkorn belum mengumumkan siapa yang akan menggantikannya.

READ  China Larang Pedagang Naikkan Harga Obat Usai Longgarkan Lockdown

Raja yang naik tahta pada tahun 2016 itu juga belum menggelar diskusi resmi mengenai kemungkinan putri menerima tahtanya. Bajrakitiyabha pernah bekerja dengan PBB dan menjabat sebagai Duta Besar Thailand untuk Austria, Slovenia dan Slovakia.

Kerajaan mengatakan ia pingsan saat sedang menghadiri kejuaraan anjing yang digelar angkatan bersenjata. Ia kini dirawat di Rumah Sa, Bangkok.

Sementara undang-undang suksesi istana menetapkan pewaris tahta harus laki-laki. Amandemen konstitusi 1974 mengizinkan putri kerajaan masuk garis pewaris bila tidak ada pewaris yang ditunjuk.

READ  Kroasia Adopsi Euro dan Bergabung dengan Zona Schengen