Tidak banyak orang tahu! Ternyata ini bagian penting di AirPods

Tidak banyak orang tahu! Ternyata ini bagian penting di AirPods
Tidak banyak orang tahu! Ternyata ini bagian penting di AirPods

Apple dikenal berkat desain batang yang khas dan garis hitam sebagai ventilasi di bagian luar. Selama tiga generasi AirPods, Apple bermain-main dengan desain dan tata letak ventilasi untuk menyempurnakan performa audio.

Bukan sekadar estetika, sebaliknya ventilasi ini memiliki peran yang sangat penting dalam pengalaman mendengarkan musik penggunanya. Halaman produk resmi Apple mencatat bahwa ventilasi digunakan untuk menyeimbangkan tekanan (pressure equalizing) dan pemakaian yang lebih nyaman.

Ventilasi pada AirPods juga berperan dala mengoptimalkan fitur yang dimiliki, seperti mode transparansi dan peredam bising aktif (active noise cancellation).

Aktivitas pressure equalizing pada ventilasi ditambah dengan beberapa pengoptimalan tingkat perangkat lunak yang cerdas, memungkinkan masuknya suara sekitar pada tingkat tertentu sambil mengisolasi sisanya.

Hal ini dilakukan untuk memastikan pengguna dapat mendengarkan orang berbicara atau pengumuman penting, tanpa benar-benar tenggelam dalam kebisingan. Untuk itu, ventilasi bisa dibilang adalah salah satu pemegang kunci pada setiap AirPods dan perlu dijaga.

Bagaimana cara menjaga ventilasi tetap bersih?

Seiring waktu, kotoran telinga, debu, dan kotoran lainnya menghalangi ventilasi, mengganggu aliran udara dan memengaruhi keluaran audio, serta efisiensi mode transparansi. Ada banyak keluhan di forum komunitas Apple yang membahas ventilasi AirPods mereka tidak berfungsi.

Maka dari itu, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar ventilasi AirPods tidak tersumbat, dilansir dari SlashGear (13/1).

• Selalu gunakan kain bebas serat untuk membersihkan earbud, terutama di area ventilasi.
• Jangan taruh AirPods di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan debu. Perangkat hanya tahan air dengan peringkat IPX4, dan bahkan perlindungan ini tidak akan bertahan selamanya. Sederhananya, jauhkan AirPods dari olahraga air dan aliran cairan berkecepatan tinggi.
• Untuk menghilangkan barang-barang yang rawan noda seperti minyak, kondisioner, sabun, atau pewarna rambut, coba bersihkan AirPods dengan kain yang lembut dan lembap. Pastikan earbud benar-benar kering sebelum dimasukkan kembali ke dalam charging case.
• Apple menyarankan “penghapusan alkohol isopropil 70 persen, pembersih etil alkohol 75 persen, atau Tisu Clorox.” Namun perlu diingat bahwa pembersih kimia ini hanya untuk permukaan luar. Juga, hindari pemutih dan hidrogen peroksida dengan cara apapun.