Momen Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di th. 2023 ini jadi perihal yang amat bersejarah bagi warga Desa Saluran Kabupaten Banyuasin, karena mereka memperoleh hadiah teristimewa yakni Merdeka dari Kegelapan yang ditandai bersama selesainya pembangunan jaringan listrik di Dusun Saluran, Desa Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin. Kini desa yang selama 35 th. belum menikmati listrik selanjutnya sudah jadi terang benderang.

Dalam acara peresmian Listrik Desa yang diadakan terhadap 13 Agustus 2023, ikut datang Gubernur Sumatera Selatan didampingi Wakil Bupati Banyuasin, General Manager PLN UID S2JB beserta jajaran Manajemen PLN dan juga segenap jajaran Forkopimda Kabupaten Banyuasin.

Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru didalam sambutannya mengemukakan perasaan bangga dan terharu bersama sinergi pada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, PLN dan Pemerintah Kabupaten Banyuasin supaya akhirnya pembangunan jaringan listrik di Desa Saluran bisa terlaksana, dan juga beliau mengucapkan menerima kasih kepada PLN yang sudah mendukung tidak benar satu program pemerintah bersama peningkatan Rasio Desa Berlistrik tiap tiap tahunnya.

READ  Mengapa Ubur-ubur Tidak Mempunyai Otak?

Sementara itu Wakil Bupati Banyuasin, H. Slamet Somosentono, S.H. mengemukakan sambutan yang penuh kebahagiaan atas sudah dinyalakannya listrik desa yang kini sudah bisa dinikmati penduduk Dusun Saluran karena listrik sudah amat lama mereka nantikan, setidaknya 35 th. mereka mesti menunggu.

Untuk merealisasikan listrik di Desa Saluran, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu melalui UP2K Sumatera Selatan sudah jalankan Pembangunan Saluran Udara Tegangan Menengah selama 4,44 kms bersama Jaringan Tegangan Rendah selama 8,15 kms dan juga 3 unit Gardu Distribusi bersama Kapasitas 50 kVA bersama total investasi 3,25 Milyar Rupiah.

READ  Megawati Cek Keadaan Museum Nasional Setelah Terbakar

“Rasio Desa Berlistrik di Provinsi Sumatera Selatan secara total selagi ini sudah capai 99,02 persen. Mohon doa dan pemberian supaya semua desa di Provinsi Sumatera Selatan langsung merata bisa menikmati listrik dari PLN. Diharapkan bersama penyelesaian pembangunan listrik perdesaan diatas bisa meningkatkan lagi capaian RDB Provinsi Sumatera Selatan.” ungkap Amris Adnan, selaku General Manager PLN UID S2JB.

Dalam peluang selanjutnya PLN termasuk mengimbuhkan pemberian berbentuk token listrik untuk 5 orang penerima pemberian Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Dan tak lupa termasuk mengajak penduduk supaya bisa memakai PLN Mobile, untuk memperoleh keterangan dan layanan mengenai PLN dan juga langsung berubah menuju tipe hidup electrifying lifestyle bersama memakai peralatan listrik yang ramah lingkungan dan bebas emisi.

READ  Sejarah Bulu Tangkis di Dunia dan Indonesia

Peresmian Listrik Desa ditandai bersama Penekanan Sirine dan juga Penyalaan MCB terhadap tidak benar satu sekolah di Dusun Saluran yang dijalankan oleh Gubernur Sumatera Selatan didampingi General Manager PLN UID S2JB, Wakil Bupati Banyuasin dan segenap Jajaran Manajemen PLN dan juga Forkopimda Kabupaten Banyuasin.