Xiaomi 13 Ultra akan Diluncurkan Terlambat, Bukan di MWC 2023

Xiaomi 13 Ultra akan Diluncurkan Terlambat, Bukan di MWC 2023
Xiaomi 13 Ultra akan Diluncurkan Terlambat, Bukan di MWC 2023

Bulan Desember 2022 lalu Xiaomi secara resmi telah meluncurkan smartphone flagship terbarunya, seri Xiaomi 13. Ya! Smartphone tersebut secara resmi memulai debutnya di Cina. Dan kini disebut-sebut, Xiaomi akan meluncurkan smartphone tersebut secara global di MWC 2023, di Barcelona.

Sejauh ini, seri Xiaomi 13 terdiri dari Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro. Menariknya, ada banyak rumor yang menyebutkan bahwa Xiaomi juga akan merilis Xiaomi 13 Ultra. Bahkan, Lei Jun telah mengonfirmasi bahwa Xiaomi akan meluncurkan Xiaomi 13 Ultra untuk pasar Cina dan global.

Konfirmasi yang keluar dari mulut Lei Jun sebagai petinggi Xiaomi tentunya menimbulkan banyak spekulasi. Salah satu spekulasi yang muncul menyebutkan bahwa memang benar bahwa Xiaomi akan meluncurkan model Ultra di acara MWC 2023 yang akan mulai digelar akhir Februari 2023.

Namun, spekulasi tersebut bertolak belakang dengan pernyataan yang keluar dari salah satu pembocor ternama di Cina, Digital Chat Station (DCS). Melalui media sosial Weibo, DCS mengatakan bahwa Xiaomi 13 Ultra tidak akan diluncurkan di akhir Februari 2023.

Xiaomi memang telah mengonfirmasi bahwa Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro akan dirilis secara global dalam waktu dekat, atau disela-sela keramaian MWC 2023 di Barcelona, Spanyol. Namun, DCS menegaskan bahwa Xiaomi 13 Ultra mungkin baru akan siap dirilis akhir Maret atau awal April 2023.

Mengenai spesifikasinya, bocoran yang beredar di internet menyebutkan bahwa Xiaomi 13 Ultra diperkirakan akan membawa pengaturan quad-camera di bagian belakang, dengan kamera utama 50 MP inci dan memakai sensor IMX989 dari Sony.

Salah satu dari keempat kamera yang ada kemungkinan akan memiliki autofokus PDAF, dan kamera utamanya kemungkinan memiliki dukungan optimalisasi gimbal. Sedangkan untuk dapur pacunya, Xiaomi 13 Ultra disebut-sebut akan dipasok Snapdragon 8 Gen 2 dengan RAM LPDDR5x hingga 16 GB.