Zelenskyy Bersikeras Salahkan Rusia Rudal Hantam Polandia

Zelenskyy Bersikeras Salahkan Rusia Rudal Hantam Polandia
Zelenskyy Bersikeras Salahkan Rusia Rudal Hantam Polandia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengulangi tuduhannya bahwa Rusia bertanggung jawab atas penembakan rudal yang meledak di Przewodo Polandia. Dia bersikeras menyalahkan Rusia atas rudal yang mendarat pada Selasa (15/11/2022).

“Agresi Rusia merenggut nyawa dua warga Polandia,” ujar Zelenskyy dikutip dari Anadolu Agency.

Zelenskyy mengatakan berbicara dengan Presiden Polandia Andrzej Duda pada Selasa dan menyatakan belasungkawa. “Saya ingin kita semua menghormati ingatan semua orang yang nyawanya diambil oleh perang Rusia ini dengan satu menit hening,” ujarnya.

Menurut Zelenskyy, posisi Ukraina sangat transparan dan berusaha untuk menetapkan semua detail serta setiap fakta tentang klarifikasi semua keadaan. Dia tetap menyatakan, agresi Rusia melintasi perbatasan Polandia.

“Itulah mengapa kami membutuhkan spesialis kami untuk bergabung dengan pekerjaan investigasi internasional dan mendapatkan akses ke semua data yang tersedia untuk mitra kami dan lokasi ledakan,” kata Zelenskyy.

Duda mengatakan pada Rabu, bahwa tidak jelas tersangka yang meluncurkan serangan rudal ke wilayah perbatasan negara. “Kemungkinan besar itu adalah roket S-300 buatan Rusia,” ujarnya.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan, tidak mungkin rudal itu ditembakkan dari Rusia. Namun, penyelidikan sedang berlangsung dan Biden berbicara dengan Duda dalam upaya menawarkan dukungan Washington dalam penyelidikan ledakan tersebut.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia membantah bahwa negara itu melancarkan serangan rudal ke Polandia. Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg mengatakan, analisis awal menunjukkan bahwa itu kemungkinan disebabkan oleh rudal pertahanan udara Ukraina. Rudal ini ditembakkan untuk mempertahankan wilayah Ukraina dan teori ini juga didukung oleh Polandia.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *